Rabu, 18 Januari 2012

6 Alasan Sulit Menabung


Kalau kita pengen cepat kaya, salah satu caranya ya dengan menabung. Tapi ternyata itu tidak mudah untuk dilakukan. Ini enam alasan yang bisa jadi pembenaran Anda untuk tidak menabung. But, if you really, really, really want to do it, jangan pernah berlindung di baliknya ;-).

1.      TAK ADA UANG
“Bagaimana mau menabung, kalau uang yang mau di tabung tidak ada?” begitu kata seorang teman. Lalu, saya bertanya apa yang ia lakukan pertama kali saat menerima gaji. Ia menjawab, “ Membayar utang tiga kartu kredit (yang besarnya setengah dari gaji) dan sisanya untuk biaya hidup sebulan.

Setelah ditelisik lebih jauh, biang keladinya, tak lain tak bukan, bersumber dari semangatnya yang luar biasa untuk menggesek kartu kredit saat window shopping. Kalau keadaannya seperti ini, (banyak pengeluaran yang terduga tak tercatat), no wonder lah ya.

2.      MASIH ADA WAKTU
Alasan “Nanti saja deh kalau sudah ada uang” pasti sering Anda ucapkan. Nah, menurut Rob Bennet, penulis Financial Freedom blog di PassionSaving.com, semakin umur kita betambah dan semakin banyak kebiasaan buruk kita, akan semakin sulit untuk menghilangkannya. Termasuk, kebiasaan malas menabung ini.

3.      TODAY FOR TODAY
Alasan ketiga yang sering didengungkan orang ketika disinggung soal menabung adalah “Saya ingin menikmati penghasilan saya dulu, boleh kan?” Tentu saja boleh. Tapi tujuan menabung juga kan untuk membeli sesuatu yang bisa dinikmati. Hanya bedanya senang-senang dari menabung baru bisa dinikmati setelah jangka waktu tertentu. Sementara orang sekarang lebih senang cara instan. Berutang untuk senang-senang, bayarnya kemudian :p

4.      DIA SUDAH MENABUNG
Suami, paling sering dijadikan tameng oleh perempuan berkeluarga. Dengan asumsi suami sudah melakukannya, mereka malas melakukannya.iya kalau sang suami rajin melakukannya. Bila Anda punya dana lebih, tak ada salahnya memiliki tabungan sendiri. Sekedar berjaga-jaga, tak ada salahnya kan?

5.      PUNYA CADANGAN
“Saya menabung kok. Ini buktinya,” bilang seorang teman sambil mesam-mesem menunjukkan koleksi sepatu dan tas branded-nya yang segunung. Yeah, rite. Dia bilang, barang-barang itu bisa dicairkan kalau sewaktu-waktu dia butuh uang. Iya sih, tapi….

6.      BERHARAP WARISAN
Sound stupid ya? but it really happened. Ini biasa terjadi pada mereka yang terlahir dalam keluarga berduit. Mereka akan berpikir buat apa susah-susah menabung, toh bakal dapat warisan dari orang tua nanti. Iya kalau warisannya berupa harta. Kalau utang? :p

Sumber :Chic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar