Rabu, 18 Januari 2012

8 Cara Gampang Ingat Nama Kenalan Baru

Meski sepertinya sepele, mengingat nama lawan bicara itu penting. Termasuk mengingat nama beberapa teman satu gedung, yang sering Anda temui di lift dan ber-hi bye beberapa kali itu. Coba deh latihan mengingat nama dengan trik berikut.

# PASANG TELINGA
Dengarkan dan simak baik-baik ketika lawan bicara menyebutkan namanya. Jangan memikirkan hal lain ketika dia menyebut nama. Hafalkan namanya dalam hati. Anda bisa mengulang menyebut namanya sekali lagi ketika dia memperkenalkan diri. “Oh jadi nama Anda…”

# MINTA DIEJA
Jika namanya bukan nama yang familier alias rada-rada njelimet, jangan ragu meminta dia untuk mengejanya.
# UCAPKAN BERULANG
Saat berbincang panjang lebar dengannya, panggillah dia dengan namanya, jangan hanya memanggil Anda atau Pak/Bu saja. Terbiasa mengucapkan namanya akan membantu Anda untuk terus mengingatnya.
# PERHATIKAN KARTU NAMA
Ketika dia menyodorkan kartu nama, jangan langsung disimpan. Perhatikan baik-baik. Bacalah nama yang tertera pada kartu nama tersebut. Perhatikan juga hal-hal yang terdapat di kartu nama, nama perusahaan dan e-mailnya. Hafalkan namanya dengan cara seolah-olah Anda sedang menuliskan nama tersebut di atas kertas.

# MEMBERI ARTI
Anda bisa mencoba menghubungkan namanya dengan sesuatu, misal mengartikan namanya dengan nama bulan. Misal, nama Yuni mungkin bisa dikaitkan dengan bulan Juni, Yuli dengan Juli, Eka dapat Anda artikan dengan angka satu, dan seterusnya.

# KAITKAN DENGAN ORANG POPULER
Cara lain, Anda bisa menghubungkan nama atau wajahnya dengan nama orang populer atau orang yang sangat familier dengan Anda. Saat Anda lupa dengan namanya, Anda dapat mendapatkan kata kunci dari orang populer tersebut.

# HUBUNGKAN DENGAN AKTIVITAS
Hubungkan namanya dengan aktivitas atau objek tertentu yang mudah diingat. Misal ketika dia bercerita tentang hobi golfnya, Anda bisa hubungkan nama tersebut dengan golf. Jadi ketika Anda lupa namanya, Anda masih bisa mengingat aktivitasnya.

# TANDAI CIRI FISIK
Anda juga menghafal namanya lewat ciri fisik yang menjadi identitasnya. Sewaktu Anda memanggil memori tentang dia, yang terbayang adalah ciri fisiknya, misal ada tahi lalat di hidung, dagunya lancip, dan seterusnya. Anda bisa menandai ciri fisik orang tersebut pada kartu namanya.

# GUNAKAN SESERING MUNGKIN
Kuatkan ingatan Anda pada nama tersebut dengan menggunakannya sesering mungkin. Kalau perlu, tuliskan nama tersebut lagi di agenda Anda atau sebut-sebutlah namanya bila sedang membicarakan dia dengan orang lain.
See, tidak terlalu sulit kan? Selamat Mencoba.

Sumber : Chic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar