Rabu, 07 September 2011

10 CARA MEMOMPA MOTIVASI DIRI

study
Mau belajar MALAS. Mau PDKT ke gebetan, MALAS karena takut ditolak. Hufffhhh.. kayaknya  mau ngapa-ngapain malas yya???
Naikkin motivasi kita yuk !

1. Bikin Tujuan
Apa sih yang kita pengin buat diri kita sendiri? Coba pikirin itu dulu, deh. Bisa dimulai dari hal kecil sampai hal yang paling gede. Eit..eits jangan langsung banyak-banyak! Nanti malah bingung dan akhirnya jadi malas lagi deh. Pikirin 2 tujuan kecil dan 2 tujuan gede yang pengin kita capai buat waktu dekat. Biar ga bingung, coba tulis di agenda atau diary kita. Tujuan ini bikin kita tahu apa saja yang harus kita lakuin. Contoh tujuan gede adalah naikin nilai UTS PTSI dari 6 jadi 8. Apa sih yang jadi tujuan ita, kira-kira buat seminggu sampai 3 bulan ke depan?
Tujuan aku adalah :
  1. ……………………….
  2. ……………………….
  3. ………………………
2. Tepuk Tangan, Yuk !!
images

Setiap kali kita bisa melakukan sesuatu, langsung deh, tepuk tangan. Sebagai tanda kalau kita bangga sama diri sendiri. Misal, kita ga suka makan sayur, tapi kita berhasil makan satu porsi bayam.Tepat setelah suapan terakhir, mari kita bertepuk tangan. Jadi bangga sama diri sendiri . Ternyata kita bisa yya. Besok-besok jadi ingin nyoba lagi, deh. Makin lama tujuan kita buat bisa makan sayur bisa tercapai.

3. Bisa…Bisa..Bisaaaaaaaaaaa
Merasa ga PD, ga cantik, atau kurang maximal dalam melakukan sesuatu pasti sering bikin drop. Kalau sudah gini, bilang sama diri sendiri kalau kita bisa…bisa…dan bisa. Pelan-pelan kita bakal merasa lebih baik dan semangat lagi buat usaha mencapai tujuan.

4. Lihat Teman Se-LeveL
Lihat teman-teman lain yang ‘selevel’ sama kita. Kalau mereka bisa, kita juga bisa. Misal, kita punya teman sekelas yang selalu langganan dapat nilai 6 buat bahasa inggris. Kalau tiba-tba dia dapat nilai 8, harusnya kita juga bisa donk.

5. Biografi orang Terkenal

bio
Banyak-banyak baca biografi atu kisah hidup dari orang-orang terkenal. Dalam cerita itu, pasti ada banyak kisah soal kegagalan atau kebodohan mereka. Tapi buktinya, mereka bisa berhasil juga, tuh. Yang penting ada kemauan.

6. Dari Buku
Sekarang ini ada macam-macam buku –buku soal motivasi. Enggak ada salahnya, lho, beli dan baca satu dari buku itu. Habis baca, cobain terrapin sedikit demi sedikit. Seru juga kalau ternyata kita bisa berhasil mempraktekan isi buku itu. Siapa tahu, gara-gara buku itu, kita bisa termotivasi buat berani ngomong di depan ke kelas, saat dosen mengajukan pertanyaan.

7. Tempel dan Semangat
Kita pasti punya idola. Seseorang yang bikin kagum, bikin kita jadi pengin kaya dia, atau meniru cara dia berjuang buat meraih impiannya. Biar ga lupa sama dia, ambil gambar-gambarnya dan temple di buku,kaca, meja rias, atau tempat lain yang bakal sering kita lihat.

8. Akhir = Bahagia
Bayangin kalau semua usaha kita berhasil dan tujuan di nomor a-d tercapai. Hmmmm..pasti asyik bgt tuh. Jadi pengin buru-buru melakukan semua usaha, deh. Semangat lg kan ??

9. Hadiah Buat Aku
Janjiin diri sendiri kado istimewa kalau tujuan kita tercapai. Aduuuhhh..mau beli apa yyaa?? Sepatu, baju, atau nanti lanngsung nabung buat beli HP baru?? Apapun hadiahnya, sekarang kita harus usaha lebih keras lagi.
Valentine Gift Box-2

10. Aku KEREN , deh !!
Jangan lupa untuk selalu muji diri sendiri kalau bisa selangkah lebih maju buat mencapai tujuan. Kita bisa bilang , “Halo Cantik,” saat berkaca dan melihat kalau usaha kita buat berolahraga sudah mulai membentuk tubuh jadi makin OK. Yakinin diri sendiri kalau setiap usaha, sekecil apapun, pasti bantu kita mewujudkan tujuan itu.
man-success-sign1
Kalau cara tsb sudah dilakukan sebaik mungkin, dijamin hidup kita akan selalu termotivasi oleh banyak hal .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar